Perbandingan antara Thermal Grease

4 Thermal grease

Materi yang diuji :

  • Artic Silver 3
  • Artic Silver 2
  • Nanotherm White Ice
  • Standard Compound

Seperti yang kita ketahui banyaknya manfaat thermal compound khususnya pada pemakaian processor AMD yang panas, dibutuhkan thermal sebagai penghantar tambahan seperti thermal compound atau thermal grease.

Terkadang thermal standard yang diberikan heatsink tidaklah mencukupi, dan user mencoba digunakan thermal bermerek untuk memperbaiki pendinginan processor dengan heatsink mereka..

Untuk kali ini dicoba apakah efektif mengunakan bahan thermal grease yang ada, serta perbandingan beberapa merek termasuk compound standard diuji coba.

Pada test kali ini digunakan heatsink terbaik untuk mendekatikan score sebaik mungkin dan melihat apakah data yang ditampilkan memiliki score yang sama pada masing masing jenis thermal compound tersebut.

Pengujian thermal compound

Standar pengujian

  • Open casing
  • Processor AMD XP 1.6Ghz voltage standard
  • Heatsink : Fortis Monster
  • Soyo Dragon plus AMD KT266A
  • Prime95 dan 3Dmark 2001se / 20 menit loop bersamaan (Test stress processor)
Test Thermal Compound
CPU Voltage
1.75 Volt

FSB CPU

133

CPU Speed

AMD XP 1600+
Average / Top hot temperature – Deg.C

Artic Silver 3

43 / 44 Deg.C

Artic Silver 2

42 – 43 / 44 Deg.C

Nanotherm White Ice

43 / 44 Deg.C

Standard Compound

43 / 44 Deg.C

Grafik capture data Artic Silver 3

Grafik capture data Artic Silver 2

Grafik capture data NanoTherm White Ice

Grafik capture data Standard Compound

Result

Dari hasil perbandingan Artic Silver 2 masih menjadi yang terbaik untuk sesaat test loop dengan strees software selama 20 menit.

Untuk Artic Silver 3, dibutuhkan waktu untuk efektif bekerjanya. Karena semakin sering digunakan jenis Artic Silver 3 akan mengering dan menjadi sedikit mengeras sehingga baru akan berarti bila digunakan beberapa lama untuk membuktikan thermal ini mampu bekerja.

Untuk Artic Silver 2, sangat cepat beradaptasi karena bentuk dari bahan yang 80% padat dan 20 % berbentuk cairan. Dibandingkan dengan Artic Silver 3 yang benar benar 100 % sebagai thermal padat, ternyata Artic Silver 2 lebih nyata terlihat begitu digunakan pada heatsink.

Untuk Nanotherm White Ice, juga seperti kemampuan Artic Silver 2. Kemampuan pendinginan hanya berselisih 1 deg.C dibandingkan Artic Silver 2. Efektif pada pemakaian langsung dan stabil mencapai 43 Deg.C secara konstan

Untuk Standard Grease, Walaupun murah ternyata pada iklim tropis dan dengan heatsink terbaik cukup mampu menandingi thermal compound lainnya.

Dari hasil keseluruhan, thermal grease secara keseluruhan akan bermanfaat mendinginkan processor. Hanya seluruh kemampuan dari thermal ini masih sangat tergantung dari pemakaian. Untuk efektif pemakaian thermal grease tentunya harus mengunakan heatsink terbaik.

Tahapan pemakaian thermal grease tidak dapat dihitung dalam hitungan menit atau jam, Tetapi efektif tidaknya sebuah thermal grease pada pendinginan processor dibutuhkan waktu lama. Khususnya pada Artic Silver 3, bila digunakan dalam beberapa hari maka akan berubah menjadi sangat padat dan sedikit mengeras. Pada saat tersebut, proses perubahan yang terjadi akan sangat membantu pada pendingan processor dari heatsink dan fan.

Juga untuk pemakaian overclock, pada temperature test diatas terlihat tidak banyak perbedaan antara ke 4 thermal compound. Tetapi perlu diingat bahwa bahan dari thermal grease tersebut sangat berbeda. Untuk efektif pemakaian overclock, jenis dari Artic Silver masih menjadi acuan para overclock atau bahkan dengan overvoltage.

Dari seluruh pemakain thermal grease juga perlu diperhitungkan kemampuan heatsink itu sendiri, walaupun mengunakan thermal yang nilainya cukup mahal tetapi tidak akan berarti untuk menstabilkan temperature processor bila heatsink yang digunakan memang tidak memadai. Jadi Heatsink tetap memegang peran dalam proses pendinginan CPU dan thermal compound hanyalah pembantu mendinginkan CPU agar lebih rendah dan stabil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: