Noctua NF-P12


Premium silent fan

Size 120x120x25 mm
Bearing SSO-Bearing
Blade Geometry Nine Blade Design with VCN
Rotational Speed (+/- 10%) 1300 RPM
Rotational Speed with L.N.A. (+/- 10%) 1100 RPM
Rotational Speed with U.L.N.A. (+/- 10%) 900 RPM
Airflow 92,3 m³/h
Airflow with L.N.A. 78,5 m³/h
Airflow with U.L.N.A. 63,4 m³/h
Acoustical Noise 19,8 dB(A)
Acoustical Noise with L.N.A. 16,9 dB(A)
Acoustical Noise with U.L.N.A. 12,6 dB(A)
Static Pressure 1,68 mm H2O
Static Pressure with L.N.A. 1,43 mm H2O
Static Pressure with U.L.N.A. 1,21 mm H2O
Input Power 1,08 W
Input Current 0,09 A
Voltage Range 12 V
MTBF > 150.000 h
Scope of Delivery
  • Ultra-Low-Noise Adaptor (U.L.N.A.)
  • Low-Noise Adaptor (L.N.A.)
  • 4 Vibration Compensators
  • 3:4-Pin Adaptor
  • 4 Fan Screws
Warranty 6 years

Fan premium dengan disain blade khusus

Produsen produk premium fan Noctua kembali mengeluarkan fan dengan disain khusus.

Noctua NF-P12 memiliki putaran lebih tinggi dibanding produk NF-S12, dan meningkatkan aliran udara atau airflow dari disain blade / fin fan.

Noctua NF-P12 dapat langsung dihubungkan dengan sumber power dari mainboard karena pemakaian power fan ini cukup minimal. Dengan putaran 1300 hanya mengunakan power 0.09A. Tingkat efisiensi dari power rendah disebabkan pengunakan coil khusus yang lebih kuat dibanding fan biasa

Paket Noctua NF-P12 diberikan 4 karet peredam suara, atau anda dapat memasang ke casing computer dengan baut biasa. Tersedia 2 adapator atau konverter penurun tegangan dari Ultra-Low-Noise Adaptor (U.L.N.A.) dan Low-Noise Adaptor (L.N.A.)

Kedua adaptor mengunakan resistant 90 ohm dan 50 ohm. Ultra-Low-Noise Adaptor (U.L.N.A.) dan Low-Noise Adaptor (L.N.A.) bisa dipergunakan bila suara bising dirasakan masing menganggu. Atau pengunakan pada Multimedia PC dengan kemampuan procesor rendah power yang memerlukan fan tanpa suara bising berlebihan. Dengan penurunan voltage pada fan, tingkat noise fan dapat ditekan mencapai 16.9 desibel atau lebih rendah dengan 12.6 desibel.

P12 merubah disain blade fan

Untuk ukuran fan memiliki dimensi yang sama, seperti gambar dibawah ini. Perbedaan terletak pada kipas fan yang dibuat khusus dan lebih banyak.

Tipe S12 mengunakan 7 blade, untuk mengoptimalkan putaran fan dan menghasilkan airflow lebih besar. Blade dibuat dengan sudut tertentu agar udara terperangkap lebih banyak dan menghasilkan aliran udara lebih besar.

Sementara Noctua NF-P12 memiliki blade lebih banyak dengan 9 blade kipas untuk meningkatkan airflow sebuah fan. Noctua NF-P12 pada gambar terlihat lebih rapat dibanding NF-S12. Pengunakan blade pada kipas fan dengan jumlah lebih besar akan berdampak meningkatnya airflow yang dialirkan fan. Mungkin penguna computer akan bertanya, apakah fan dengan jumlah kipas lebih banyak tidak akan menimbulkan noise berlebih.

Noctua NF-P12 memperbaiki kelemahan dari tingkat bising yang ditimbulkan dengan banyaknya blade dari sebuah kipas fan. Sisi tepian fan dibuat tajam dengan 2 lekukan agar mengurangi benturan udara yang menimbulkan suara bising. Noctua menyebut dengan disain Vortex-Control Notches, seperti JigSaw atau sudut gergaji. Disini perbedaan dari teknologi Noctua, mendisain fan premium dengan mempertahankan tingkat bising dari fan besar. Sudut tepian fan dengan bentuk gergaji inilah diharapkan akan meniadakan air back dari fan, karena adanya rongga disisi tepi kipas dapat membuang dan meloloskan pantulan udara.

Dengan jumlah 9 blade dipastikan sulit untuk sebuah fan bekerja tanpa suara. Tetapi Noctua NF-P12 dengan blade khusus hanya menghasilkan noise 19.8 desibel. Dampak lain adalah Airflow yang dihasilkan juga meningkat tetapi tetap menjaga noise fan rendah.

Power rendah dengan 0.09A tidak membuat lemah putaran fan, karena RPM fan ini mencapai 1300RPM dengan kecepatan penuh.

Tester

Untuk menguji akan dibandingkan 2 model fan lain dengan ukuran yang sama. Untuk testing kemampuan fan dalam membuang panas dari komponen mainboard, dengan penempatan sensor di bagian heatsink Mosfet.

Pengujian dengan beban procesor yang ditingkatkan dengan meng-overclock Core 2 Duo dari speed 2.4Ghz menjadi 3.3Ghz. Dengan beban procesor pada kinerja 3.3Ghz diharapkan akan meningkatkan beban power dan panas di bagian Mosfet dan tugas setiap fan yang diuji adalah kemampuannya untuk mendinginkan bagian heatsink Mosfet.

Agar panas procesor tidak menganggu, digunakan Watercooler sehingga procesor dapat berkerja dengan temperature yang tidak melebihi suhu Mosfet.

Posisi fan berada disamping kiri mainboard untuk mengalirkan udara ke arah tengah untuk menjaga suhu heatsink. Untuk memastikan kemampuan masing masing fan, pengujian dilakukan dengan penempatan sensor di 2 lokasi berbeda.

Test 1 peletakan sensor ditempatkan pada bagian kanan heatsink Mosfet. Posisi tersebut menjauhi aliran panas dibagian chip-set utama.
Test 2 peletakan sensor test kedua, sensor ditempatkan di sisi kiri heatsink Mosfet. Dan titik tersebut lebih mendekati bagian chip-set mainboard.

Test bed

Hardware test
Board Gigabyte GA-X38-DQ6
Procesor E6600 2.4Ghz @ 3.3Ghz
Heatsink Corsair Nautilus 500
Memory Kingston KVR800D2N5K2/2G 2GB PC2-6400
VGA Gigabyte Radeon X600
Power supply Corsair HX520
Test software 3 Prime Software running, generate power CPU
Ambient room 30 deg.C
Sensor APPA 109N, ThermoCouple inside heatsink Mosfet.
NF-P12 NC-S12 1200 GlacialTech GT12252BDL
Amp 0.09 0.12 0.2A
Airflow CFM 92,3 81 37
RPM 1300 1200 950
Technology Vortex-Control Notches , SSO bearing SSO bearing 2 Balls Bearing
Blade 9 7 9
Noise 19,8 dB(A) 17 dB(A) 19 dB(A)

Test 1

Test 2

Result

Noctua NF-P12 memiliki kemampuan lebih handal dibanding 2 model fan lain. Airflow yang dialirkan mampu menekan suhu lebih rendah pada heatsink Mosfet. Walaupun fan dibuat dengan jumlah kipas lebih banyak, tidak berarti fan Noctua NF-P12 bersuara lebih bising. Teknologi Vortex-Control Notches terbukti membantu fan ini bekerja lebih tenang. Noctua NF-P12 mengkonsumsi power lebih rendah, tetapi memiliki kemampuan airflow lebih besar dari 2 fan lain. Putaran yang besar mencapai 1300RPM cukup baik mengalirkan udara panas dari dalam case. Noctua NF-P12 sangat baik digunakan bagi mereka yang ingin mendisain computer silent. Untuk kemampuan Noctua NF-P12 , kami menilai fan ini dapat diandalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: