Enlight 500 Watts Power Supply

  • Click untuk gambar detailModel Enlight HPC-500-103

  • Code number EB 8351934

  • Cable interface : 6 (3 X 2 cabang)
  • Switch Power : On/Off plus LED indicator
  • Source Power : 230Volt (5A) / 115Volt (10A)
  • Fan : Dual Fan autospeed
  • Aplikasi Intel 2.03, AMD

Perlengkapan

Spesifikasi :

Power load
DC 3.3v

30A

315WATTS MAX

DC 5V

45A

DC 12V

15A

OUTPUT
DC -3.3v
1A

2.5W

DC -5V
1A
1W
DC -5VSB
2.5A
10W
Cable connector
ATX main power

1

AUX

1

12+ power

1

Periherial
8
Floppy

3

Fan monitor

Built in from sensor power

Disain bagian belakang dilengkapi power tambahan dan outlet untuk casing

Testing

Pengujian test beban pada power dengan standard running processor dan aplikasi serta overclock processor.

TEST BEBAN
PROCESSOR

INTEL 1.6A DEFAULT / OC 1.575 VCORE OVERCLOCK 2.1GHz

MOTHERBOARD

ABIT BD 7/OVERCLOCK

VGA

Radeon 8500LE

Memory

Corsair 512MB PC2700

Sound card

Internal active

FAN HEATSINK

GLACIALTECH IGLOO

FAN HEATSINK

7.200RPM 12V

HARDDISK

2

FAN RMB 80mm

0.13A 12VOLT

FAN OUTLET 80mm
0.15A 12 VOLT
LITEON 32x CDRW

CD-DA PLAY

APPLICATION

RUN

Data log

Hardware Sensor Monitor

Pada line hijau, test untuk standard dan line orange untuk test beban dengan overclock processor. Pada test dilakukan running aplikasi 3D untuk mendapatkan beban power pada VGA serta overclock untuk pemeriksaan voltage pada Vcore processor. Loading Vcore diuji pada default (standard) dan 1.575volt (overclock / overvoltage) membuat processor bekerja pada kecepatn 1.6GHz (standard) dan 2.1GHz (overclock)

Test 12 volt

Pada gambar bawah tampak data log dari data 12 volt untuk periherial power. Pada test beban mencapai tingkat terendah pada 11.2 dan stabil pada 11.9v-11.5v untuk standard dan overclock terlihat power mencoba mengangkat kekuatan 12 volt untuk menutupi cadangan power yang diambil ke processor dan motherboard.

Test 5 volt

Untuk test 5 volt sebagai power yang digunakan pada controller harddisk atau CD-ROM mendapat posisi voltage diatas 5 volt. Power pada sistem ini tidak mengalami drop sama sekali dan terus mendapat supply dari power yang berlebihan. Power dengan kondisi diatas 5 volt ini akan membantu penambahan perangkat lain dan pada test tidak mempengaruhi sistem power sama sekali karena power masih terus diposisi lebih besar dari 5 volt DC

Test Vcore suplly ke CPU

Posisi rendah pada Vcore ini memang menyamai power yang digunakan pada Vcore CPU karena dengan voltage rendah saja, power pada processor sudah dapat tertutupi. Terlihat pada test dengan standard core masih stabil dibawah 1.475volt dan menunjukan power sudah memenuhi kebutuhan motherboard untuk menjalan processor pada test standard. Dan overclock juga masih dibawah 1.575 volt yang diset pada BIOS untuk overclock processor. Malah terlihat menurun untuk supply dari power ke motherboard mencapai lebih rendah pada 1.5 volt. Analisa ini terlihat bagus, karena dengan voltage rendah saja, processor masih dapat bekerja. Dan sebaliknya bila terjadi overvoltage dengan processor, tentunya diartikan power mengalami drop dan tidak terjadi pada seri Enlight 500Watts.

Test 3.3volt I/0

Untuk pemakaian power 3.3 volt yang digunakan pada internal hardware seperti VGA, sound card dan perangkat lainnya yang dihubungkan ke motherboard juga mengalami tingkat stabil. Hanya gerakan pada overclock, membuat Voltage sedikit bergerak menurun untuk mengimbangi supply pada perangkat motherboard.

Result

Enlight power 500 watts, memang cukup bagus untuk pemakaian dengan PC yang memiliki banyak perangkat tambahan. Pada test 5volt , power mengalami over kapasitas yang artinya memang power dibuat dengan banyak tambahan perangkat untuk menjaga kebutuhan power pada perangkat tambahan disebuah PC.

Untuk kabel mencapai 1 meter memudahkan pemasangan pada external didalam casing. Saran pada power ini sebaiknya menghindari pemasangan dengan casing mini tower karena casing akan penuh kabel dari power supply itu sendiri

Sedikit berbeda dengan kemampuan power sekelasnya. Enlight power supply memiliki kapasitor dan adaptor berukuran besar pada disainnya. Hampir memiliki 2 kali dbandingkan versi Enermax. Berat power juga mencapai 3.2 KG dan termasuk kapasitan yang sangat besar dan hampir mencapai atap box casing. Mengapa dibuat dengan kemampuan besar khususnya pada kapasitan dan trafo yang lebih besar sehingga membuat power memiliki bobot lebih berat. Hal ini ditujukan pada kemampuan output power dengan kestabilan maksimum dengan cadangan daya didalam power supply itu sendiri. Selain untuk output, Enlight 500Watts juga lebih stabil terhadap blackout dari external power seperti sumber listrik dari jala PLN. Karenannya, pada data spesifikasi, power hanya mengeluarkan output total sebesar 315 watts total output DC tetapi untuk menjaga kestabilan power akan mencapai peak 500 watts AC.

Bila area pemakaian arus PLN pada Enlight 500watts memang diarea listrik yang tidak stabil, rasanya tidak akan berpengaruh banyak untuk power supply yang satu ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: